"Mau Tau Semua Produk" . KLIK DISINI

  • Layanan Panggilan Telp :
    (0271) 825 564 & (0271) 8200 204

Nitro-TP (1kg)

Rp.80.000 Rp.90.000



Nitro-TP


          Masalah perairan merupakan masalah yang perlu ditangani secara serius khususnya pada budidaya udang dan ikan, mengatur agar ekosistem kolam baik dan ikan atau udang dapat tumbuh dengan baik pula.
          Ekosistem kolam akan sangat dipengaruhi pada kehidupan yang ada didalamnya antara lainn microbia maupun algae serta jamur atau hewan air adalah kolam, bila banyak dihuni oleh bakteri pembusuk dan penghasil gas gas berbau maka kehidupan tidak berjalan dengan baik.
          Kolam bau adalah kolam yang berbau tidak sedap, biasanya tidak jernih dan banyak mengandung bakteri pembusuk yang mengeluarkan gas antara lain H2S dan amoniak, Kolam yang tak sehat ini DO ( Disolved Oksigen )nya rendah sehingga bila ada ikan, maka ikan akan menujujkan aktifitas kepala muncul diperairan kemudian masuk lagi. Ikan-ikan yang ada akan sulit berkembang dan bahkan bisa mati.
          Obat kolam adalah bahan yang diberikan kedalam kolam agar kolam menjadi baik, tidak berbau dan ekosistem kolam makin baik, kualitas air makin baik dan tidak bau, memenuhi kebutuhan hidup hewan didalamnya.
          Nitro TP merupakan inokulum microba yang cocok digunakan untuk budidaya udang dan menjaga kualitas air untuk budidaya udang, yang berisi bakteri Bacillus pumilus, Bacilus megaterium, Thiobacilus denitrificans, Nitrosomonas sp dan Nitrobacter sp.
          Bacillus pumilus, Bacilus megaterium, Thiobacilus denitrificans, Nitrosomonas sp dan Nitrobacter sp. yang dimixing pada porsi yang pas ini akan membantu memperbaiki kualitas air dengan menekan pertumbuhan algae, kotoran, algae mati dan lain lain sehingga turbidity akan terjaga dan kejernihan air akan sesuai dengan kebutuhan budidaya udang.
          Bacillus pumilus bekerja dengan memotong ikatan polisakarida maupun ikatan peptida menjadi senyawa yang lebih sederhana sehingga mudah diuraikan oleh golongan bakteri sejenis yang strainnya berdekatan. Bakteri ini banyak digunakan sebagai probiotik karena kemampuannya dalam menghasilkan senyawa antimikroba yang dapat menghambat perkembangan mikroorganisme lain yang merugikan.
          Bacillus megatherium akan memotong menghasilkan penisilin amidase yag bersifat anti microbia, dapat memproduksi piruvat, Vitamin B12, sebagai fungisida dan antivirus. Disamping itu Bacillus megaterium menghasilkan asam poli-y glutamat dan pembentukan ini akan makin baik pada kadar garam yang makin tinggi ( sd 15 % ).
          Thiobacillus denitrificans : Merupakan bakteri chemototroph yang mampu menguraikan senyawa-senyawa kimia rantai pendek yang yang sangat beracun menjadi senyawa-senyawa kimia yang tidak beracun. Thiobacillus berperan penting dalam reaksi penguraian sulfur ( H2S ). Senyawa H2S terdapat di tambak sebagai hasil proses dekomposisi bahan organik dan air laut yang banyak mengandung sulfat. Senyawa H2S ini dapat dideteksi dengan jelas pada saat melakukan pengeringan dasar tambak. Dasar tambak yang mengandung banyak sulfur ( H2S ) akan bewarna hitam dan tercium bau belerang. Kadar senyawa H2S ditambak pembesaran sebaiknya di bawah 0,1 mg/l. Senyawa H2S dapat menyebabkan pertumbuhan terhambat, penurunan daya tahan terhadap penyakit dan meningkatnya kematian udang dan ikan. Thiobacillus denitrificans berfungsi menetralkan racun H2S dan nitrit melalui reaksi denitrifikasi.
          Bakteri Nitrosomonas sp ini menguraikan ammonia menjadi Nitrit.
          Nitrobacter sp merupakan bakteri nitrifikasi karena merupakan bakteri yang mengubah nitrit menjadi nitrat.

Nitro TP hanya tersedia dalam kemasan 1 kg.