"Mau Tau Semua Produk" . KLIK DISINI

  • Layanan Panggilan Telp :
    (0271) 825 564 & (0271) 8200 204

Minaraya Lele (1lt)

Rp.45.000 Rp.47.000

Minaraya Lele (500ml)

Rp.25.000 Rp.26.500



Minaraya Lele


          DO ( Disolved oxigent ) yang tinggi diperlukan untuk hidup dan perkembangan lele secara optimal perlu kolam yang sehat dan bebas dari penecemaran dan ketersediaan pakan alami berupa phytoplankton maupun zooplankton dan algae serta kandungan Disolved Oxigen yang tercukupi ( DO air 8 ppm ).
          Kolam yang tercukupi oksigen ini akan membuat lele tenang didalam kolam tanpa harus berulangkali muncul dipermukaan air untuk mencari asupan oksigen, disamping itu lele yang tidak naik turun energy yang berasal dari pakan akan digunakan untuk pembentukan tubuh bukan sebagai sumber tenaga sehingga lele akan cepat gemuk/ besar, kolam yang banyak pakan alami akan menghemat kebutuhan pakan ( FCR turun ). FCR ikan lele adalah berapa banyak jumlah pakan yang diperlukan untuk menghasilkan 1 kg daging, dan pada lele biasanya FCR berkisar 1,0. Bila FCR makin turun makin bagus. Untuk mengurangi FCR diperlukan probiotik untuk lele, seperti Minaraya lele.
          Probiotik Minaraya lele akan bekerja mengurai faeces, bangkai ikan dan sisa pakan yang bisa menyebabkan pencemaran kolam atau turunnya kualitas air kolam. Bila kolam di beri Minaraya lele maka kolam tidak didominasi oleh bakteri yang merugikan, tapi bakteri yang menguntungkan dan faeces, serta sisa pakan dan bangkai ikan ini justru diolah menjadi bahan dengan ikatan yang lebih sederhana dan bisa dimakan/digunakan oleh phytoplankton/zooplankton dan phytoplankton maupun zooplankton ini akan masuk kedalam rantai makanan sehingga secara tidak langsung dapat digunakan kembali oleh lele.
          Probiotik ikan Minaraya lele ini juga dapat menghil;angkan gas ammoniak, H2S dan gas methan, dimana kehadiran gas-gas ini didalam kolam bisa meracuni kolam dan menghambat pertumbuhan ( inhitoring factor ) dan menjadikan sulit tumbuh.
          Probiotik untuk ikan lele seperti Minaraya lele ini bila diaplikasikan pada kolam yang tercukupi sinar matahari dan diberi Minaraya lele, akan nampak hijau, dan kolam yang hijau ini menunjukkan ketersediaan phytoplankton dan udara yang baik sebagai hasil fotosintesa dan kolam yang hijau ini biasanya memiliki kandungan pH yang netral sekitar 7 sehingga membuat ikan tidak stress. ( lele biasanya akan stress bila ada perubahan pH yang extrim, misalnya sesudah hujan lebat ), pH kolam turun menjadi lebih asam kolam tidak berwarna hijau lagi dan stress yang berkepanjangan bisa meningkatkan mortalitras lele, namun bila kolam berwarna hijau maka ketersediaan pakan alami akan lebih baik dan pemberian pakan tambahan bisa dikurangi atau pada pemberian pakan tambahan yang sama akan membantu lele makin cepat besar.
          Probiotik Minaraya lele mengandung berbagai bakteri yang mengurai bahan makanan sehingga makanan yang diberi Minaraya lele akan makin mudah dicerna dan pertumbuhan lele makin cepat.
          Bakteri yang ada pada Probiotik Minaraya lele adalah Lactobacilus acidhphilus, Biffidobacterium loggum, Sachharomycetes cerreviceae, dll. Yang sangat poluler berpengaruh positif bagi penguraian bahan pakan. Minaraya lele mengandung MIX HERBAL pilihan asli Indonesia yang sangat sering dijumpai dalam keseharian kita misalnya jahe ( Zingiber officinale ), Temulawak ( Curcuma xanthoriza ), Temuireng, kunyit ( Curcuma domestica ) dengan komposisi yang tepat sehingga satu sama yang lain akan berfungsi saling melengkapi untuk mendukung kesehatan lele, sehingga makin tahan terhadap serangan penyakit sehingga sebagai obat herbal untuk ternak lele.
          Suplemen lele merupakan bahan tambahan yang sengaja diberikan pada ransum pakan ikan lele sehingga kualitas pakan akan bertambah. Penambahan Suplemen lele Minaraya ini bisa diberikan pada jenis pakan lele apa saja, apapun pakan ikan lele yang digunakan bila ditabahkan dengan Minaraya maka kualitas pakan akan lebih baik, penyerapan kedalam tubuh lele makin baik dan akibatnya lele makin cepat besar.

Cara penggunaan :
1. Sebagai campuran pakan :
Berikan 1 tutup untuk 2,5 kg pakan, caranya ambil air bersih + 100 ml beri 1 tutup Minaraya lele lalu aduk dan campur secara merata atau semprotkan kedalam pakan ikan dan langsung diberikan ke lele ( tidak perlu diperam).
2. Pada air kolam :
Tuangkan Minaraya lele lele 2 - 6 liter per ha kolam, berikan 2 minggu 1 X.
3. Pada saat persiapan kolam (sebelum benih dimasukkan) :
Methode persiapan kolam ada berbagai cara, bila mengunakan pupuk kandang atau kompos organic untuk persiapan kolam, maka tuangkan larutan Minaraya lele kedalam dasar kolam yang berisi air dan pupuk kandang, tunggu 1 s/d 2 minggu atau sampai kolam tidak ada fermentasi ( ada gelebung oksigen) dan sudah mulai berwarna hijau. Dosis pupuk kandang yang digunakan 0,5 kg/m3.

Minaraya lele tersedia dalam kemasan 500 ml dan 1 liter.